Wednesday 26 June 2013

Beragam Manfaat Ikan untuk Tubuh

Sejak dahulu ikan sudah diketahui sebagai salah satu jenis makanan yang memiliki banyak manfaat baik untuk tubuh. Selain merupakan makanan sumber protein tinggi, ikan juga mengandung gizi, mineral, nutrisi dan vitamin. Ikan mengandung komponen gizi yang berperan besar dalam perkembangan otak, yang disebut dengan DHA. Selain itu ikan juga memiliki banyak manfaat lain seperti:
1. Mencegah stroke dan penyakit jantung
Kandungan omega – 3 di dalam ikan selain berfungsi untuk perkembangan otak juga memiliki manfaat untuk mencegah stroke dan penyakit jantung
2. Kandungan lemak yang rendah
Ikan walaupun termasuk ke dalam protein hewani tetapi kandungan lemak di dalamnya terbilang cukup rendah dibandingkan makanan protein hewani lainnya.
3. Sumber vitamin dan mineral
Ikan mengandung banyak sekali vitamin dan mineral antara lain vitamin A, vitamin D, fosfor, magnesium, selenium dan kalsium. Selain itu kandungan protein dan nutrisi dari ikan juga sangat mudah diserap oleh tubuh.
4. Mencegah peradangan dan sakit sendi
Omega – 3 yang terkandung dalam ikan juga memiliki fungsi tambahan seperti mengurangi rasa sakit karena radang sendi.
5. Menutrisi otak
Fungsi lemak omega – 3 di dalam ikan seakan tidak ada habisnya, selain mencegah penyakit lemak ini juga berfungsi membantu perkembangan otak terutama pada otak bayi.
6.    Membantu menurunkan berat badan
Kandungan DHA pada ikan dapat membantu mengurangi perubahan pra – lemak menjadi lemak di dalam tubuh. Mengkonsumsi kapsul minyak ikan ditambah dengan olahraga teratur disarankan jika Anda ingin menurunkan berat badan

No comments:

Post a Comment